February 24, 2010

Planet-Planet Penyaing Bumi

pindah

Kalo Bumi sudah nggak bisa di tinggali kalian mau kemana??? pertanyaan yang konyol ya ! ! tapi bagi kalian yang mau pindah tenang saja ilmuan dan astronomi sedang berusaha keras untuk menemukan planet-planet yang mungkin untuk di tinggali selain di bumi.

 

Inilah beberapa daftar Planet-planet penyaing bumi yang di temukan para ilmuan yang kudapetin dari beberapa situs. kalo nggak sesuai maaf ya…! soalnya aku cuma cari data aja nggak ikut neliti.. hehehe..

 

Mars :

Mars Mars merupakan kandidat terkuat planet yang mungkin untuk di tinggali. Para astronom sedang berupaya meneliti kemungkinan tersebut. Planet merah ini memiliki suhu antara (–87) c - (-5) c.

degan susunan atmosphere 95.72% Carbon dioxide, 2.7% Nitrogen,1.6% Argon, 0.2% Oxygen dan gas lainnya.

 

Gliese 581c :

Gliese 581c Planet ini kira-kira 50%lebih besar dan 50 kali lebih padat dari bumi kita. Penamaan Gliese 581c berdasarkan nama matahari Gliese yang terletak 20.5 tahun cahaya dan ukurannya hanya 1/3 dari matahari kita. 1 tahun disana sama dengan 13 hari di bumi ( wah cepet banget ya bisa lebaran terus dong…. ). Mataharinya bernama Mdwarf atau kurcaci kecil. Belum bisa dipastikan planet ini berbentuk bebatuan atau Samudra. Diperkirakan suhu di sana 0-40 c. Sehingga di pastikan airnya tidak membeku.

 

Gl 1214b :

Gl 1214b Menurut para astronom, planet yang mereka temukan itu berukuran sama dengan Bumi dan kaya akan kandungan air."Bagian yang paling menarik dari penemuan kami adalah planet itu dapat dikatakan sebagai water world (dunia air) karena jumlah massa airnya mencapai 75 persen dari keseluruhan wilayah planet tersebut," ujar David Charbonneau, ahli astronomi di Harvard University seperti dikutip dari CNN.

Pl;anet ini mengorbit bintang kecil yang di namakan MDwarf. yang ukurannya 1/5 dari matahari kita. Satu hari di sana sama dengan 38 jam. dengan diameter 2.7 kali lebih besar dan massa nya 6.55 kali lebih besar dari bumi.

GI 1214b memiliki diameter 2,7 kali lebih besar dan massa 6,55 kali lebih besar ketimbang Bumi, namun lebih kecil dibanding Uranus dan Neptunus. Dua planet ini memiliki diameter terpanjang dan massa terberat dalam sistem tata surya. Ini membuat keduanya diklasifikasikan sebagai super earth (super Bumi).

Jarak antara GI 1214b dengan Bumi adalah sekitar 13 parsecs

Atmosfer planet ini memiliki komposisi elemen yang sama dengan formasi di planet lain, seperti gas hidrogen, helium, nitrogen, magnesium, oksigen, dan karbon. Temperatur rata-ratanya berkisar antara 393 sampai 555 derajat Kelvin atau 120 sampai 282 derajat celcius.

 

HD 209458b :

 

HD 209458b Planet ini berada di Gugus bintang Pegasus. Di temukan adanya uap air suhu udara di planet ini pun sejuk. deperkirakan ada kehidupan di planet ini. Suhu di planet tersebut berkisar antara 0-40 c. memiliki ukuran kecil. Hanya sekitar 1,5 kali radius bumi. Planet ini jmengorbiti bintang Gliese 581.  dengan jarak 20,5 tahun perjalanan cahaya dari gugus bintang Libra.

Corot-7b : 


planet Corot-7b merupakan planet yang padat dan berbatu yang terdapat di luar tatasurya kita.Namun, suhu di planet Corot-7b sangatlah panas. "Diandaikan, planet tersebut sedikit terlalu dekat dengan mataharinya," ujar Aertie. Bila saja tidak sepanas itu, sudah mutlak planet tersebut Corot-7bsiap untuk ditinggali. Artie menyatakan bahwa suhu di planet Corot-7b mencapai 3.600 derajat Fahrenheit atau hampir 2.000 derajat Celcius. Planet tersebut berotasi dalam durasi 20 jam dengan kecepatan hampir 750 ribu km/jam. Bobotnya diyakini lima kali lipat bobot bumi. "Memang panas. Planet Corot-7b disebut planet lava," tambah Artie.  saya rasa sih nggak mungkin untuk tinggal di sini tapi nggak papa kan di masukin.

 

Sumber:

http://artikelindonesia.com

http://en.wikipedia.org/wiki/Mars

dan sumber lainnya …

No comments:

Post a Comment

Jangan berkomentar spam.... !