March 15, 2010

Bagaimana Jika Bumi Berhenti Berputar ?

 

Sekedar perhitungan, keliling bumi di katulistiwa adalah 40.000 kilometer, sedangkan untuk satu kali rotasi diperlukan waktu 24 jam. Dengan demikian, kelajuan rotasi di Katulistiwa adalah v = 40.000 km / 24 jam = 1.667 km/jam atau 463 m/s. Karena kita berada di atas permukaan bumi, maka laju gerak melingkar kita sama dengan laju rotasi bumi, yaitu 463 m/s.

 

Jika bumi berhenti berputar secara mendadak, atmosfir masih akan bergerak dengan kecepatan diatas (1.667 km/jam). Atmosfir akan bergerak sangat cepat, sehingga akan menerbangkan daratan, daratan di sini adalah batu, tanah, pohon, bangunan, manusia dan binatang. Semua akan diterbangkan kedalam lapisan atmosfir itu sendiri..

 

http://www.softpedia.com/screenshots/Earth-3D-Space-Tour_1.jpg


Dan inilah jawabanya setelah bumi benar-benar berhenti berotasi :

  1. Gravitasi yg dirasakan manusia meningkat puluhan kali lipat. Soalnya sebelumnya permukaan bumi itu berputar dengan kecepatan tinggi sehingga yg ada dipermukaanya mengalami gaya sentripetal yang melawan gaya gravitasi. (ini saja sudah cukup utk membunuh semua manusia)
  2. Kemungkinan, semua area magnetik akan hilang, sehingga akan banyak sekali peralatan elektronik yg tidak lagi bekerja.
  3. Setengah bumi yg tersinari matahari terus akan menjadi sangat panas, dan bagian yg malam terus akan menjadi sangat dingin, meskipun tentunya hal ini akan membuat air samudra dan angin berputar mengelilingi bumi krn perbedaan tekanan udara (bagian yg panas tekanan udaranya lebih rendah daripada bagian yg dingin).
  4. Kalo bumi hanya berhenti berotasi dan tidak berhenti berevolusi mengelilingi matahari, itu artinya satu hari = satu tahun. Soalnya bagian yg disinari matahari akan tergantung dari posisi revolusi bumi. (kalo salah satu bagian bumi terkena matahari selamanya, artinya bumi masih berotasi dong, hanya saja rotasinya setara dengan revolusinya).

sumber :http://www.dalimunthe.com/2010/03/apakah-yang-terjadi-seandainya-bumi.html

33 comments:

  1. This is a great picture. Seeing the earth like that makes you realize how small you are in comparison of things

    ReplyDelete
  2. haduh....
    Q g sempet tuh mikir yang begituan... maksih GAN... skali-skali merenung. hehe.
    salam kenal ja...

    ReplyDelete
  3. wihh serem bangt y,,,,
    makasih y ats informasinya

    ReplyDelete
  4. info nya sangat bagus nie............
    dan salam kenal aja ..........

    ReplyDelete
  5. salam kenal mas..
    subhanallahh gag kebayang kita gmana..

    ReplyDelete
  6. sip mas..
    thanks infonya n salam kenal ja

    ReplyDelete
  7. bahaya banget kalo bumi sampai berhenti berputar....

    ReplyDelete
  8. kalo bumi sampai berhenti berputar maka kehidupan pun akan musnah..

    ReplyDelete
  9. semoga tidak akan terjadi bumi berhenti berotasi..

    ReplyDelete
  10. subhanallah besar keagungan allah :)
    seram juga ya jika bumi berhenti berputar ..
    Artikel yang bagus :)

    ReplyDelete
  11. Astagfirullah,. Ga Kebayang Sama Saya Gan,. ,.

    ReplyDelete
  12. Turning is a metal clipping influence for generating a cylindrical surface with a single makeups tool. The workpiece is rotated on a spindle and the clipping willingness is fed into it radially, axially or both.

    ReplyDelete
  13. And, yes, you can always depend on The famous host oprah to get the feelings of the state right, too. Regards to you, The famous host oprah, and thanks for all the creativity over the decades - thanks for all the mindset quotations!

    ReplyDelete
  14. wahh,,,kalo itu terjadi, apa yang bisa manusia perbuat. terus gimana caranya mencegah agar bumi gak bener-bener berhenti berputar...

    ReplyDelete
  15. Menurutku, ini info menarik dan perlu dikaji supaya lebih ilmiah.

    ReplyDelete
  16. Sama sekali tidak bisa membayangkannya.
    semoga saja tidak pernah dan tidak akan pernah terjadi.

    ReplyDelete
  17. Wow, klo gravitasinya meningkat, gimana bisa gerak. mending g usah berhenti aja deh. :D

    ReplyDelete
  18. infonya sangat keren, bikin ane merinding hehe

    ReplyDelete
  19. makasih baanyak infonya sangat menarik sekali.

    ReplyDelete
  20. makasih infonya, sangat keren sekali

    ReplyDelete
  21. info yg lumayan membuat bulu merinding

    ReplyDelete
  22. terima kasih infonya bos, sukses selalu

    ReplyDelete

Jangan berkomentar spam.... !