March 8, 2010

Hella – Nama untuk 10 pangkat 27

Sebuah kampanye untuk nama "hella" bisa jadi akan bergabung dengan kelompok "kilo", "mega" dan "giga" sebagai awalan yang diterima secara internasional.

Lebih dari 20.000 ilmuwan, mahasiswa dan anggota masyarakat telah menandatangani petisi dukungan online untuk kuantitas baru itu, yang akan digunakan untuk menggambarkan angka dengan 27 angka nol setelah angka pertama.

Saat ini awalan tertinggi yang diperbolehkan oleh Sistem Satuan Internasional (SI) adalah "yotta" untuk 24 nol.

Austin Sendek, mahasiswa fisika di Universitas California yang memulai kampanye itu mengatakan, perkembangan ilmiah baru-baru memerlukan skala pengukuran diperpanjang.

"Analisis dari banyak fenomena fisika alam menunjukkan jumlah yang melebihi 27 angka, jumlah yang saat ini diabaikan oleh sistem SI," tulisnya menguraikan kasus petisi untuk hella.

"Menunjuk nama untuk 10 X 27 adalah sangat penting bagi para ilmuwan di segala bidang. Angka itu penting dalam banyak perhitungan, termasuk daya dari matahari, jarak antar galaksi, atau jumlah atom dalam sampel yang besar."

Jumlah energi yang dilepaskan oleh matahari akan lebih enak dinyatakan sebagai 0,3 hellawatts dibandingkan 300 yottawatts, ia menambahkan.

Hella adalah bahasa slang California Utara untuk "sangat" atau "banyak". Sendek dan para pendukungnya berpendapat bahwa adopsi itu akan menjadi kehormatan bagi penduduk wilayah itu.

Jika perubahan disetujui, maka hella akan menjadi awalan SI baru pertama yang diperkenalkan sejak tahun 1991, ketika Komite Internasional untuk Berat dan Ukuran menyetujui yotta dan zetta (untuk 21 nol).

 

sumber:http://inilah.com/news/read/teknologi/2010/03/05/382471/1000000000000000000000000000-namanya-apa/

5 comments:

  1. sip mas..
    thanks infonya n salam kenal ja n juga sukses aja

    ReplyDelete
  2. This list contains positive numbers selected in ascending order, including the number of things, dimensionless quantity and probability. Each song is a name in the short scale, which is used in English speaking countries, as well as a name in the long scale is used in some countries that do not have English as their national language.

    ReplyDelete
  3. kalau tidak salah saya pernah dengar yang namanya terabyte! itu nolnya berapa ya?

    ReplyDelete

Jangan berkomentar spam.... !