February 26, 2010

Bagaimana Petir bisa Terjadi ?

petir

Duar…. Glegar  …..grerrrr

Setiap hari hujan yang deras kita sering mendengar suara itu kan ?

Suara apa sih itu ?. Yap, itu suara petir. Petir kadang membuat kita kaget. tapi, tahukah kalian bagai mana petir itu bisa terjadi !!!!!. ikuti terus postingan nya ya !!!

 

Petir adalah Kilatan cahaya yang datang bersamaan dengan suara gemuruh.

Secara ilmiah, fenomena alam ini dapat diartikan sebagai proses perpindahan elektron antar awan dan bumi melalui medium udara. Penyebab terjadinya petir adalah perbedaan potensial antara awan dan bumi. Proses terjadinya petir kira-kira seperti ini, awan itu selalu bergerak terus menerus dan selama pergerakannya akan terus berinteraksi dengan awan lainnya sehingga menyebabkan muatan negatif dan positif pada awan memisah. Muatan negatif akan menempati salah satu sisi ( atas atau bawah ) dan muatan positif di sisi yang lain. Oleh karena itu lah awan bisa mengandung muatan. Sedangkan di saat yang bersamaan bumi itu selalu netral, sehingga terjadi perbedaan potensial antara awan dan bumi. Jika perbedaan potensial itu cukup besar, akan terjadi proses pembuangan elektron supaya tercapai kesetimbangan. Nah, proses pembuangan elektron inilah yang menyebabkanperpindahan arus listrik yang biasa kita lihat sebagai kilatan cahaya di musim hujan.

 

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, mengapa musim hujan? Mengapa petir biasa terjadi saat akan hujan sehingga petir bisa menjadi salah satu petunjuk akan turun hujan? Jawabannya adalah, karena pada saat hujan atau akan hujan, kadar air di udara menjadi tinggi sehingga daya isolator udara menurun dan menyebabkan arus lebih mudah mengalir. Terkadang petir juga terjadi antar awan karena seperti yang telah ditulis di atas, ada awan yang bermuatan positif dan ada yang bermuatan positif.

 

Biasanya petir disertai dengan suara gemuruh yang biasa disebut guruh atau biasanya sih dibilang geledek, suara yang kencang itu terjadi karena saat udara dilewati petir, terjadi pemanasan dan pemuaian udara dengan sangat cepat sehingga udara menjadi plasma dan meledak menghasilkan suara yang menggelegar.Sebenarnya proses terbentuknya suara ini terjadi bersamaan dengan saat terjadi petir, namun biasanya guruh baru terdengar setelah petir terlihat. Keterlambatan suara guruh itu terjadi karena perbedaan antara kecepatan cahaya( 3x108 m/s ) dan kecepatan bunyi di udara ( 340 m/s ).

Sesuai dengan rumus kecepatan :

S = V x t

Dengan S : jarak (m)

V : kecepatan (m/s)

t : waktu (s)

dapat dihitung jarak antara petir dan pengamat dengan berpedoman pada berapa lama suara guntur terdengar setelah petir ( karena kecepatan cahaya sangat cepat maka diabaikan ) :

1 km = 340 m/s x t

1000 m = 340 m/s x t

t = 1000 s

340

t = 2.941 s

t     = 3 s

Jadi biasanya jika suara guntur terdengar setelah selang waktu 3 detik berarti petir itu terletak sekitar 1 kilometer dari kita. Semakin kecil selang waktunya, berarti semakin dekat letak petir itu.

 

sumber : http://boimnih.multiply.com/journal/item/7/Kenapa_bisa_terjadi_petir_ya

24 comments:

  1. Wow! Your blog has quite a few comments. How did you get so many bloggers to view your article I m jealous! I m still getting to know all about posting information on the internet. I m going to view pages on your blog to get a better idea how to achieve success. Thanks for the help!

    ReplyDelete
  2. wihh dapet pengetahuan nie mengenai petir,,,,

    ReplyDelete
  3. Information of your weblogs are amazing. Love to study your blog

    ReplyDelete
  4. The details of your blogs are very unique

    ReplyDelete
  5. Amazing post! I like your site, and I am a frequent fan. I will be again.

    ReplyDelete
  6. Details of your blogs are awesome. Really like to research your blog

    ReplyDelete
  7. I am always searching online for articles that can help me get further ahead. Thanks a million!

    ReplyDelete
  8. amazing post. Love to visit and read your blog.

    ReplyDelete
  9. wonderful details love to read it.

    ReplyDelete
  10. I feel delighted to read such a good post, I would like to thank the Author for this marvelous efforts. This post is good in regards of both knowledge as well as information. Thanks for the post.

    ReplyDelete
  11. I always find such amazing posts on this website and today’s post was really amazing. Now I have become a regular user of this website. Thanks for giving us so much knowledge.

    ReplyDelete
  12. awesome publish. Love to visit and read your site.

    ReplyDelete
  13. wao! it is very informative post.

    ReplyDelete
  14. It is very superb information.

    ReplyDelete
  15. excellent blog, cant delay to see your next blog post!

    ReplyDelete
  16. amazing submit. Love to check out and study your site.

    ReplyDelete
  17. Information of your weblogs are amazing. Love to study your blog

    ReplyDelete
  18. awesome information. Thanks a lot

    ReplyDelete
  19. Love to read your blog. Thanks

    ReplyDelete

Jangan berkomentar spam.... !