February 16, 2010

Koala Si lucu dari Australia

200px-Koala_dozing_nov08 Bila saya menyebutkan kata Koala apa yang akan terlintas di pikiran para Bloggers ?. Kalau saya boleh menebak mungkin yang ada di pikiran Bloggers adalah seekor binatang  super lucu yang berasal dari Australia. Kita memang sering mendengar nama binatang ini tapi apakah kita sudah banyak tahu tentangnya. kalau belum 200px-Koala_and_babyikutilah postingan ini !.

 

Koala memiliki nama latin Phascolarctos cinereus. Mamalia termasuk hewan Mamalia yang membawa anaknya dengan menggantungkan di  punggung atau dadanya. Koala hanya memakan daun eucalyptus. Menariknya tanaman ini hanya tumbuh di Australia.  Kalian mau tahu dari mana asal nama Koala. Koala berasal dari nama latin yaitu Coola atau Koolah karena kesalahpahaman mungkin “oo” tersebut berubah menjadi “oa”. arti kata tersebut adalah tidak minum.

 

180px-Koala_eating Saya rasa pemberian nama itu tidaklah terlalu berlebihan karena dia memang hampir tidak pernah minum. sebagian besar kebutuhan cairannya dia dapatkan dari daun eucalyptus. 140px-Sa-sleeping-koala

Koala selalu memilih pohon yang sama setiap harinya. Dia mencari makan pada malam hari sedangkan pada siang hari mereka tidur. Pada saat makan mereka mampu menghabiskan hingga 5 Kg daun dalam satu waktu. Koala menghabiskan waktu tidurnya  selama 16 – 18 jam perhari. Selintas jika kita lihat Koala seperti Teddy bear tetapi Koala tidaklah sejenis beruang tetapi lebih mirip Ke kangguru. Karena mereka sama-sama jenis Hewan marsupial (menggendong anaknya).

 

Koala ini hanya hewan marsupial. tetapi mereka tidak memiliki buntut. Koala memiliki 4 jari kaki dengan kuku-kuku yang kuat untuk memanjat pohon. Ukuran Koala betina lebih besar daripada ukuran Koala jantan.

 

Untuk hidup Koala membutuhkan tempat yang luas. Karena jumlah populasi manusia yang terus bertambah mengakibatkan berkurangnya wilayah Koala. Sehingga populasi Koala terus berkurang. Hingga sekarang hanya ada sekitar 2000 sampai 8000  Koala di Australia.  Jadi walaupun kita jauh dan mungkin tidak pernah melihat Koala (sepeti saya) kita harus berusaha untuk melestarikan hewan ini. Sayangkan jika Hewan yang lucu dan unik ini harus punah.

 

 

Beberapa fakta tentang koala

Class - Mammalia

Order - Marsupialia

Family - Phascolarctidae

Genus - Phascolarctos

Species - cinereus

Nama - young: joey 

Daerah - Australia.

Habitat - Eucalyptus forests.

Ukuran - Length: 69 to 79 cm (27 to 31 in).

Berat - 5 to 12 kg (11lb to 26 lb).

Cara makan – Koala adalah hewan herbivora yang menghabiskan waktu makannya di malam hari

Keterangan reproduksi – Koala akan melahirkan satu anak setiap tahunnya. mereka membawa anaknya di punggungnya.

Lama hidup – hingga 20 tahun

 

Sumber : Wikipedia , iloveindia.com

No comments:

Post a Comment

Jangan berkomentar spam.... !