December 22, 2010

Thalassemia – Penyakit rusaknya haemoglobin

Thalassemia adalah penyakit keturunan yang di bawa oleh orang tua kepada anak nya. kemungkinan anak menurunkan penyakit ini sangat besar perbandingan nya 1:4. jadi kemungkinan anak nya mengidap thalassemia adalah 1 dari empat anaknya.

 

thalassemia terbagi menjadi 3 yaitu :

 

1. Thalassemia minor : orang yang mengidap thalassemia minor biasanya tidak menampakkan kejanggalan secara fisik. karena penyakit ini bersifat carrier. biasanya anak hanya menigdap anemia, kurang nafsu makan, dan cepat lesu.

 

2. Thalassemia mayor : ini thalassemia yang utama. penderita mengalami kerusakan gen yang sangat berat sehingga memaksa jantung untuk memompa darah dengan cepat. selain itu sel darah nya cepat rusak sehingga harus di suplai darah dari luar.

 

3.  thalassemia Intermedia :

Merupakan kondisi antara mayor dan minor, dapat mengakibatkan anemia berat dan masalah lain seperti deformitas tulang dan pembengkakan limpa. Rentang keparahan klinis pada thalassemia intermedia ini cukup lebar, dan batasnya dengan kelompok thalassemia mayor tidak terlalu jelas sehingga, keduanya dibedakan berdasarkan ketergantungan sang penderita pada tranfusi darah

 

PENGOBATAN
Pada thalassemia yang berat diperlukan transfusi darah rutin dan pemberian tambahan asam folat. Penderita yang menjalani transfusi, harus menghindari tambahan zat besi dan obat-obat yang bersifat oksidatif (misalnya sulfonamid), karena zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan keracunan. Pada bentuk yang sangat berat, mungkin diperlukan pencangkokan sumsum tulang.
Terapi genetik masih dalam tahap penelitian.

63 comments:

  1. Very grateful to this website, I downloaded a lot of and learned a lot, I hope you will continue to work hard, I would often visit here.

    ReplyDelete
  2. Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

    ReplyDelete
  3. Home Security RiversideJune 15, 2011

    My friend told me this site.The blog is quite amazing and wonderful . for me its really hard to work for the legacy databases.

    Home Security Riverside

    ReplyDelete
  4. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.Aluminium toolboxes Melbourne ... It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us

    ReplyDelete
  5. Wow! Your blog has quite a few comments. How did you get so many bloggers to view your article I m jealous! I m still getting to know all about posting information on the internet. I m going to view pages on your blog to get a better idea how to achieve success. Thanks for the help!

    ReplyDelete
  6. That was some very informative information. Thank you for sharing.

    ReplyDelete
  7. minta izinnya Nitip info mas Angga
    ------------------------------------------------
    buah pepaya banyak disukai dari bayi hingga manula.
    murah, mudah, bergizi, antioksidan, lancar BAB
    ------------------------------------------------

    ReplyDelete
  8. infonya yang sangat sayang apabial di lewatkan..
    terikmakasih atas infonya, denga membaca artikel anda sayua bisa lebihmengenal tentang penyakit thalasemia yang sebelumnya tidak saya ketahui..

    ReplyDelete
  9. thanks banget infonya, denga mengetahui gejala-gejala nya setidaknya saya bisa meminimalisir terjangkitnya penyakit tersebut.

    ReplyDelete
  10. untuk itu kita mesti ekstra hati2 nie dengan penyakit ini

    ReplyDelete
  11. salah satu pengobatn untuk penyakit thalasemia saya menganjurkan dengan obat thalasemia jelly gamat... untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi balik,,,

    ReplyDelete
  12. wah mnakutkan juga ya penyakit ini sangat membahayakan...
    mkzh ya bwt share'y

    ReplyDelete
  13. emz bgtu ya memang berbahaya juga ya,,,
    nice info
    slam knal ya....

    ReplyDelete
  14. penyakit yang sangat mahal, perlu banyak biaya untuk pengobatan ..
    seremm banget !!

    ReplyDelete
  15. bener-bener ngeri juga ya penyakit thalasemia tuh

    ReplyDelete
  16. mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat keren nie......

    ReplyDelete
  17. info nya sangat bagus makasih yach,,,,,,,

    ReplyDelete
  18. wah sangat menakutka nie bro,,,,,
    dan makasih info nya ,,,,,,

    ReplyDelete
  19. oke juga nie sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    ReplyDelete
  20. owhh..iya thalasemia itu emang penyakit keturunan yang bersifat career...artinya normal tapi bisa menurunkan penyakit itu kan?

    ReplyDelete
  21. ya ampun aku baru tau ada penyakit kayak gini, semoga aja yah ilmu kedokteran bisa menyelesaikan masalah ini. we care!

    ReplyDelete
  22. serem dan berbahaya juga ya?
    hmm, good artikel :)
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  23. oke juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,,

    ReplyDelete
  24. wah artikelnya bagus bgd gan..
    infonya juga bermanfaat banget!!

    sukses selalu yaaa :)

    ReplyDelete
  25. wah gto banget ya
    iiih jadi tkuut

    ReplyDelete
  26. Info yang bagus , kasihan juga ya .
    Jadi takut

    ReplyDelete
  27. sekedar pemberitahuan thalasemia bisa disembuhkan dengan XAMthone plus lho,cepat yang belum tahu pesan sekarang!!!!!ke 081323044111

    ReplyDelete
  28. Ih Ngeri juga nih Penyakit,. Kita Berdoa Smoga Ga Terkena Penyakit ini,. KLo BOleh Tau ada aobatnya ga,.??

    ReplyDelete
  29. kalo HIV yang di serang hemoglobinnya bukan?

    ReplyDelete
  30. salam kenal ...thanks infonya n saya kasian banget ngeliatnya ..

    ReplyDelete
  31. wahh thanks banget infonya nih gan :D

    ReplyDelete
  32. terimakasih atas artikelnya menambah pengetahuan saya ditunggu artikel berikutnya

    ReplyDelete
  33. wahhh sangat berguna seklai nich gan... thanks ya

    ReplyDelete
  34. okeh ..salam kenal dan salam sehat

    ReplyDelete
  35. sip gan ..thanks infonya n salam kenal

    ReplyDelete
  36. jaga kesehatan agar tidak terserang penyakit seperti ini :)

    ReplyDelete
  37. terimakasih banyak atas informasinya...
    salam kenal dan semoga sukses..
    kesehatan itu paling penting....

    ReplyDelete
  38. wahhh sangat berguna seklai nich gan... thanks ya

    ReplyDelete
  39. sangat menarik dan bermnfaat terimaksih..

    ReplyDelete
  40. penyakit nya serem juga gan...

    ReplyDelete
  41. makasih banyak infonya. salam sehat untuk semuanya..

    ReplyDelete
  42. sangat bagus artikelnya..terimakasih informasinya..

    ReplyDelete

Jangan berkomentar spam.... !