March 10, 2010

Makrofag – Sang Pemakan Antigen yang melindungi HIV

makrofag Tahukah Kalian kalau Antibodi kita tidak bekerja Sendiri dalam Menjaga Imunitas (daya tahan tubuh) dan menahan serangan antigen (Benda asing) yang berasal dari luar. Ada sel lain yang Bernama Makrofag yang ikut membantu dalam menjaga sistem Imun kita.

 

Makrofag adalah sel yang dihasilkan oleh jaringan yang terdapat dalam darah sebagai Monosit. Makrofag berasal dari sel-sel pada sumsum tulang belakang dari Promonosit yang kemudian membelah menjadi monosit dan beredar dalam darah. Makrofag berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Pemakan Besar”. dengan ukuran diameter 21 mikrometer.

 

Makrofag adalah sel besar dengan kemampuan fagositosis, yang berarti “sel makan” dapat disamakan dengan pinositosis yang berarti “sel minum”. Fagositosis yaitu kemampuan untuk mengabsorbsi dan menghancurkan mikroorganisme (bakteri atau benda asing). Cara makrofag untuk menghancurkan (memakan) bakteri atau benda asing tersebut ialah dengan membentuk sitoplasma pada saat bakteri atau benda asing melekat pada permukaan sel makrofag, lalu sitoplasma tersebut melekuk ke dalam membungkus bakteri atau benda asing, tonjolan sitoplasma yang saling bertemu akan melebur menjadi satu sehingga bakteri atau benda asing akan tertangkap di dalam vakuola. Lisosom yang memiliki kemampuan untuk memecah materi yang berasal dari dalam maupun dari luar akan menyatu dengan vakuola sehingga bakteri atau benda asing tersebut akan musnah.

 

image

Proses Makrofag Memakan Antigen

Makrofag memiliki fungsi atau peran utama untuk memakan partikel dan mencernanya bersama-sama dengan lisosom yaitu berkaitan dengan fungsi pertahanan dan perbaikan, fungsi lainnya adalah menghasilkan IL (Inter Leukin) yang mengatur tugas sel-B dan sel-T dari limfosit dan memobilisasi sistem pertahanan tubuh lainnya, makrofag juga merupakan sel sekretori yang dapat menghasilkan faktor nekrosis tumor (TNF = Tumor Nekrosis Faktor) yang dapat membunuh sel tumor, juga menghasilkan beberapa substansi penting termasuk enzim-enzim (lisozim, elastase).

 

Sel makrofag ini terdapat sebagai makrofag bebas dan makrofag tetap. Makrofag bebas merupakan sel yang mampu bergerak bebas, ditemukan pada jaringan interstisial berupa makrofag dan histiosit. Sedangkan makrofag tetap, tidak mampu bergerak seleluasa makrofag bebas, ditemukan pada jaringan interstisial limpa, kelenjar limfe, dan dalam hepar.

 

Tetapi Hal ini Tidak Berpengaruh pada virus HIV. Menurut penelitian virus ini tidak dapat di netralkan oleh Makrofag. Bahkan Makrofag merupakan tempat bagi HIV untuk melindungi diri dari Antibodi dan Antigen lainnya. Makrofag adalah salah satu sel yang pertama di infeksi oleh HIV. Makrofag juga berfungsi sebagai penyebar HIV ke berbagai sel dan jaringan tubuh lainnya. 

 

hiv-maacrophages2

Proses HIV menumpangi Makrofag

Sumber :

http://feddegroot.org/

http://id.wikipedia.org

http://ricobachtiar.wordpress.com

17 comments:

  1. dapet pencerahan nie...
    makasih y atas informasinya

    ReplyDelete
  2. wah mantaf gan ilmunya... makasih salam kenal ya

    ReplyDelete
  3. kalo gitu berarti hiv memang tidak bisa di sembuhkan yah gan....

    ReplyDelete
  4. serem sekali ya HIV
    artikel yang bagus nih

    ReplyDelete
  5. berarti say harus banyak banyak minum susu yang ada sistem imun nya,,

    ReplyDelete
  6. Sipppp Gan,. ,. System Imunitas sangat Berharga buat Tubuh Gan,. , Manstaappp

    ReplyDelete
  7. info yang bagus gan skaligus menjadi ilmu kita bersama

    ReplyDelete
  8. selamat sore dan salam kenal semuanya, kunjungan pertama yang menambah pengetahuan saya, terimakasih banyak, jangan lupa kunjungan baliknya di obat penyakit

    ReplyDelete
  9. makasih infonya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya jangan lupa kunjung balik

    ReplyDelete
  10. infonya keren, artikelnya keren. yang nulisnya juga mungkin keren hehe

    ReplyDelete
  11. makasih infonya, sangat menarik artikelnya..

    ReplyDelete
  12. Semakin ke sini,semakin keren aja nih website nya admin,informasinya wow bikin saya merinding :D

    ReplyDelete

Jangan berkomentar spam.... !